Program Reguler

Teaching Collaboration

Yaitu peningkatan kualitas pembelajaran melalui kolaborasi antar guru dengan guru lain dan ahli dalam mengajar, aktivitas ini diadopsi dari lesson study. Lesson Study adalah suatu pendekatan kolaboratif dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berasal dari Jepang dan telah diterapkan secara luas di berbagai negara, termasuk Indonesia. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru melalui perencanaan, observasi, serta refleksi terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di kelas

Dalam Teaching Collaboration, guru-guru bekerja sama untuk merencanakan sebuah “research lesson” atau pembelajaran berbasis riset. Proses ini dimulai dengan tahap perencanaan, di mana tim guru merancang rencana pelajaran yang sangat detail, termasuk tujuan pembelajaran, strategi, media, serta prediksi tantangan yang mungkin dihadapi siswa. Rencana ini juga mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa agar pembelajaran yang dirancang benar-benar efektif.


Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan, satu guru mengajar sesuai rencana pelajaran yang telah disusun, sementara guru lain berperan sebagai pengamat. Mereka mengamati proses pembelajaran secara seksama, mencatat interaksi siswa, respons terhadap materi, serta metode yang digunakan. Observasi ini bukan untuk mengevaluasi guru, melainkan untuk memahami bagaimana siswa belajar dan merespons materi yang disajikan.


Tahap terakhir adalah refleksi, di mana para guru berdiskusi mengenai hasil observasi. Mereka mengevaluasi proses pembelajaran, menilai apa yang berhasil, serta mencari solusi untuk tantangan yang dihadapi. Refleksi ini sangat penting karena memungkinkan guru untuk memperbaiki dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih baik untuk digunakan di masa mendatang.


Teaching Collaboration memberikan ruang bagi guru untuk saling belajar dan berbagi pengalaman sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran di kelas. Selain itu, metode ini juga memupuk budaya profesionalisme, kerja tim, dan refleksi diri, yang menjadi pondasi dalam pembelajaran yang efektif, dan dalam hal ini SGI menggunakan metode ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ADAB Project di sekolah.

Teaching Collaboration

Event untuk Teaching Collaboration yang diselenggarakan oleh Sekolah Guru Indonesia

No data was found
No data was found