Sebuah organisasi yang menjadi wadah bagi para alumni Sekolah Guru Indonesia (SGI) untuk mengaktualisasikan diri sebagai guru pemimpin. Organisasi ini bertujuan untuk memperkuat peran alumni SGI dalam memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di Indonesia. Awalnya, organisasi ini dikenal dengan nama KASGI atau Keluarga Alumni Sekolah Guru Indonesia sejak didirikan pada tahun 2014. Namun, pada tahun 2023, nama tersebut diubah menjadi IKA SGI untuk mempertegas identitas dan visi ke depan.
Hingga saat ini, pengurus IKA SGI telah dibentuk di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa provinsi yang telah memiliki kepengurusan aktif meliputi Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Banten. Kehadiran pengurus di tingkat wilayah ini bertujuan untuk memperkuat jaringan alumni di berbagai daerah serta mendorong pelaksanaan program yang relevan dengan kebutuhan lokal.
IKA SGI secara umum menjalin koordinasi dan kolaborasi yang erat dengan Sekolah Guru Indonesia (SGI) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di daerah-daerah yang membutuhkan perhatian lebih. Dengan sinergi ini, diharapkan alumni SGI dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi dunia pendidikan, baik melalui inovasi maupun pendekatan-pendekatan baru yang sesuai dengan tantangan zaman.
Melalui IKA SGI, organisasi ini berupaya menghadirkan program-program pengembangan guru yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan masing-masing wilayah. Setiap program dirancang untuk memberdayakan guru-guru agar lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di daerahnya, termasuk dalam penguasaan teknologi, peningkatan kompetensi pedagogik, hingga penguatan karakter sebagai pemimpin.
Harapannya IKA SGI dapat menjadi jembatan yang menghubungkan para alumni, guru, dan masyarakat dalam upaya bersama meningkatkan mutu pendidikan. Dengan keberadaan organisasi ini, diharapkan muncul inisiatif-inisiatif baru yang tidak hanya bermanfaat bagi para guru, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi siswa, sekolah, dan komunitas di sekitarnya.
“Terwujudnya IKA-SGI yang kontributif terhadap pengembangan guru dan pendidikan.”